Profil Riyad Mahrez Sang Gelandang Kanan Manchester City dan Perjalanan Karier Senior di Dunia Sepak Bola

Profil Riyad Mahrez

Riyad Mahrez merupakan pesepak bola kelahiran Prancis namun memiliki kewarganegaraan Aljazair dan menduduki posisi gelandang di Manchester City. Penasaran bagaimana Riyad Mahrez meniti karier seniornya hingga menjadi seorang pesepak bola yang hebat? Simak ulasan profil Riyad Mahrez!

Profil dan Kehidupan Pribadi Riyad Mahrez

Riyad Mahrez lahir di Sarcelles, Paris, Prancis pada 21 Februari 1991. Pesepak bola yang memiliki nama lengkap Riyad Karim Mahrez ini dilahirkan oleh pasangan Ahmed Mahrez dan Halima Mahrez. Mahrez memiliki saudara bernama Wahid Mahrez. Bersama dengan keluarganya, Mahrez hidup dengan sederhana namun bahagia.

Ayahnya berasal dari Beni Snous, sedangkan ibunya adalah keturunan Maroko. Ayah Mahrez merupakan seorang pesepak bola yang bermain untuk Timnas Aljazair, sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga.

Pemain bola asal Aljazair ini termotivasi menjadi sepak bola karena idolanya Zidane berasal dari Sarcelles. Zidane juga merupakan imigran muslim, maka dari itu Mahrez mengidolakannya dan ingin menjadi pemain sepak bola.

Dalam berlatih sepak bola, dirinya kerap ditemani sang ayah untuk berlatih. Ayahnya juga sering memberinya motivasi agar semangat dalam meraih cita-citanya menjadi pesepak bola yang hebat. Ibu juga mendukung cita-cita Mahrez.

Saat kecil, Mahrez tampak tidak berbakat dalam bermain bola, hanya seorang anak yang biasa-biasa saja. Fisiknya kurus, lemah, dan kecepatan berlarinya standar.  Namun, dirinya dibekali cepat menguasai teknik bola dengan bagus.

Di usia 15 tahun, ayahnya meninggal dunia akibat serangan jantung. Hal tersebut membuat Mahrez sedih namun sekaligus pemicu semangatnya menjadi pesepak bola yang hebat di masa depan. Dirinya berlatih bersama akademi AAS Sarcelles dan dari situ karier panjangnya dimulai.

Mahrez telah menikah dengan Rita Johal dan memiliki 2 orang anak. Dan dirinya hidup bahagia dengan keluarganya. Selain itu, dirinya dikenal sebagai muslim yang taat dan telah melaksanakan umrah. Profil Riyad Mahrez yang keren!

Perjalanan Karir Sang Gelandang dari Manchester City

Dalam akademi AAS Sarcelles, Mahrez sempat dikritik tentang fisiknya yang lemah, namun dirinya berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing. Di akademi tersebut dirinya menjadi tim cadangan. Perlahan tapi pasti dirinya masuk dalam tim utama U-19. Di tim tersebut dirinya menunjukkan potensi sebenarnya melalui tendangan bebas dan berhasil mencetak gol.

Pesepak bola ini menandatangani kontrak dengan klub di divisi ketujuh liga Prancis, Quimper setelah 4 tahun kematian ayahnya. Di sana Mahrez dapat bermain dengan Paul Pogba dan Mathias Pogba. Dirinya juga berhasil mencetak 2 gol di 22 penampilan.

Dirinya pernah ditawari untuk bergabung dengan PSG dan Olympique Marseille, namun ditolaknya dan lebih memilih bergabung dengan Le Havre. Di Le Havre dirinya bermain untuk tim cadangan hingga beberapa bulan kemudian dirinya debut untuk tim utama. Mahrez sempat bolak- balik tim cadangan dan tim utama saat bertanding di Liga 2.

Pada 11 Januari 2014, Mahrez resmi menandatangani kontrak di King Power Stadium atau Leicester City. Musim 2014/2015 dirinya mencatat 4 gol dan 3 assist di 30 penampilan dan dirinya juga memperoleh 3 trofi liga primer. Musim selanjutnya, Mahrez berhasil mencetak 18 gol di semua kompetisi di Liga Primer untuk The Foxes kampiun.

The Foxes memperpanjang kontraknya dengan Mahrez selama 4 tahun di Agustus 2016. Mahrez sempat masuk nominasi Ballon d’Or Oktober 2016 dan akhir tahun tersebut dirinya memperoleh anugerah pemain terbaik Afrika dari BBC.

Musim 2017/2018 The Foxes mengakhiri kontraknya dengan Mahrez. Dirinya direkrut oleh Manchester City dengan mengeluarkan dana 60 juta poundsterling. Akhir musim 2018 bersama Manchester City dirinya berhasil mencetak 12 gol dan 15 assist di 44 pertandingan. Dan kariernya masih berlanjut hingga kini.

Nah, itulah Profil Riyad Mahrez Sang Gelandang Kanan Manchester City dan Perjalanan Karier Senior di Dunia Sepak Bola. Selain hebat dalam bermain sepak bola, dirinya juga pemeluk agama yang taat.

 

READ  Profil Xavi Sang Maestro Tiki Taka Barca

You May Also Like

About the Author: awan kelabu