Profil Raheem Sterling Si Pelari Cepat Dari Manchester City

Raheem Shaquille Sterling atau yang lebih dikenal dengan nama Raheem Sterling merupakan seorang pemain sepakbola profesional yang berkebangsaan Inggris. Pria yang kini aktif di klub Manchester City ini sekaligus merangkap sebagai penyerang di Timnas Inggris pada ajang Euro 2020 lalu. Penasaran seperti apa profil Raheem Sterling? Berikut informasi selengkapnya!

Profil Singkat Dan Kehidupan Pribadi Raheem Sterling

Mengawali profil Raheem Sterling, pemain bola handal ini lahir di Jamaika pada tanggal 8 Desember 1994, Raheem Sterling merupakan seorang anak dari wanita bernama Nadine Sterling. Kini Raheem Sterling tergabung dalam klub Manchester City serta Tim Nasional Inggris. 

Memulai karir dengan bergabung di Queens Park Rangers mampu mengantarkan Raheem Sterling ke puncak karirnya. Raheem tumbuh besar di daerah Maverley, Kingston Jamaika dan dirawat oleh neneknya. Kemudian ketika menginjak usia 5 tahun, Raheem dan ibunya pindah ke London, Inggris. 

Kehidupannya tidaklah berjalan mulus. Raheem berasal dari keluarga yang kurang mampu. Namun, hobi dan bakatnya bermain bola berhasil merubah hidup Raheem dan keluarganya.

Raheem Sterling pernah terjerat kasus hukum pada 8 Agustus 2013. Sterling ditangkap lantaran dugaan terlibat dalam kasus kekerasan dengan seorang model yang diduga merupakan kekasihnya. 

Namun, Sterling mengaku tidak bersalah dan tetap melanjutkan latihannya bersama klub Liverpool pada masa itu. Sebelumnya, Sterling juga pernah berurusan dengan pengadilan atas kasus penyerang terhadap seorang wanita. Dan wanita tersebut mengalami luka dibagian wajah. Namun, kasus tersebut tidak dilanjutkan lantaran kegagalan menghadirkan saksi.

Perjalanan Karir Raheem Sterling

Sebelum bergabung di akademi Liverpool, Raheem Sterling pernah bergabung dengan Queens Park Rangers pada saat berusia 10 tahun. Sterling benar-benar menunjukkan bakatnya sebagai pemain sepakbola. 

Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan Sterling bersama Timnas Inggris U-16. Pada saat itu, Sterling berhasil mencetak dua gol di pertandingan melawan Irlandia Utara. Kemudian Sterling melanjutkan langkahnya bersama Timnas Inggris U-17.

Langkah Raheem Sterling Bersama Liverpool

Ketika berusia 15 tahun, Raheem Sterling mendapat penawaran untuk bergabung bersama Liverpool. Seolah tak ingin melewatkan kesempatan, Sterling berusaha meyakinkan ibunya agar mengizinkannya untuk bergabung bersama Liverpool. Sterling kemudian akhirnya berangkat menuju Merseyside bersama sang ibu.

Karier Sterling bersama Liverpool benar-benar gemilang. Setelah berhasil dipromosikan untuk bergabung dengan Tim utama Liverpool pada tahun 2012, Sterling memulai debut seniornya sebagai pemain pengganti dalam liga primer antara Liverpool melawan Wigan Athletic.

Keberhasilan Sterling mampu mengantarkannya untuk debut sebagai pemain pengganti di kancah Eropa. Seminggu setelahnya, Sterling berhasil mencetak gol pertamanya saat melawan Bayer Leverkusen. Tercatat sejak tahun 2012-2013, Sterling mampu mencetak 2 gol dalam 36 pertandingan.

Performanya semakin meningkat, hingga akhir musim 2014, Sterling meraih gelar sebagai pemain muda terbaik milik Liverpool yang telah berhasil mencetak 10 gol.

Sterling Resmi Bergabung Bersama Manchester City

Berkat karir yang gemilang bersama Liverpool, Sterling dilirik oleh klub Manchester City. Hingga kemudian pada tahun 2015, Sterling secara resmi bergabung dengan Manchester City. Di kontrak selama 5 tahun, Sterling mendapat dana transfer sebesar Rp 770 miliar. 

Beberapa saat setelah bergabung, Sterling berhasil mencetak gol pertama untuk Manchester City dalam pertandingan melawan Watford. Pada akhir musim pertama, Sterling tercatat sudah menyumbang gol sebanyak 11 dari 47 pertandingan yang ada. Pada musim-musim berikutnya, karir Sterling semakin melesat naik. 

Sampai akhir tahun 2019, Sterling berhasil mengumpulkan 2 trofi liga inggris, 1 trofi piala FA, 2 gelar piala liga, dan 1 gelar community shield. Tidak hanya itu, Sterling juga meraih gelar sebagai pemain muda terbaik liga Inggris.

Nah, itulah tadi profil Raheem Sterling dan juga perjalanan karirnya. Hingga kini, pemain yang dikenal memiliki kecepatan lari ini masih dibutuhkan oleh Manchester City dan juga Timnas Inggris dalam berbagai ajang bergengsi lainnya. 

 

READ  Profil Cristiano Ronaldo dan Perjalanan Kariernya

You May Also Like

About the Author: awan kelabu