Profil Manuel Neuer Si Penjaga Gawang Kebanggaan Jerman

Profil Manuel Neuer

Manuel Neuer adalah goalkeeper berkebangsaan Jerman yang tergabung dalam klub bola Bayern Munchen. Neuer seringkali dianggap sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah sepakbola. Julukan inipun membuat para fans sepakbola semakin penasaran dengan profil Manuel Neuer.

Neuer lahir pada tanggal 27 Maret 1986 di Jerman Barat. Ia dianggap sebagai pemain yang bertubuh besar, dengan tinggi 193 cm dan berat 92 kilogram. Manuel Neuer merupakan kiper berbakat dengan banyak penggemar. Untuk mengetahui profil lengkapnya, simak informasi berikut.

Awal Mula Perjalanan Karir Manuel Neuer

Klub pertama yang membesarkan nama Manuel Neuer adalah Schalke 04. Pada awal karirnya, Neuer tidak selalu tergabung dalam starting line up. Namun, hal ini tidak terlalu mempengaruhi performa Neuer yang selalu tampil prima. Konsistensinya dalam membela Schalke 04 membuat tim raksasa Jerman, Bayern Munchen, tertarik untuk membelinya. 

Pada tahun 2011, Manuel Neuer resmi hengkang dari Schalke dan bergabung dengan Bayern Munchen. Transfer ini terjadi satu tahun setelah World Cup 2010, dimana tim nasional Jerman mendapatkan juara ketiga. Neuer pun menjadi kiper utama Bayern Munich dan konsisten dalam memberikan performa terbaiknya. 

Beberapa prestasi yang diukir Neuer bersama Bayern Munich adalah delapan trofi Bundesliga dan dua trofi UEFA Champions League. Tidak hanya itu, pada tahun 2014, Neuer juga menjadi salah satu kandidat FIFA Ballon d’Or. Hingga saat ini, ia masih menjadi kiper utama Bayern Munich meskipun sudah berusia 34 tahun. 

Mencuri Perhatian Melalui Tim Nasional Jerman 

Profil Manuel Neuer mulai naik daun saat ia memberikan performa yang sangat brilian di Piala Dunia 2010. Pada saat itu, tim nasional Jerman menjadi juara ketiga dan menjadi salah satu tim yang dijagokan para fans sepakbola. Tim nasional Jerman pada saat itu dipenuhi para pemain muda, salah satunya adalah Neuer yang berumur 24 tahun. 

Gaya bermainnya yang dikenal sebagai “sweeper-keeper” mulai mencuri perhatian. Ia dianggap berani keluar dari kotak penalti dan mengambil resiko dalam menghalau bola. Tidak hanya itu, ia juga pandai dalam menghentikan tendangan penalti lawan. Kemampuan ini berkembang pesat hingga empat tahun berikutnya, Jerman bisa juara dunia pada tahun 2014. 

Di tahun 2014, Manuel Neuer kembali menjadi kiper utama Tim Nasional Jerman. Berbeda dengan tahun 2010, kondisi timnas Jerman sekarang sudah lebih matang. Hal ini terbukti saat Jerman mengalahkan Argentina 1-0 di laga final. Neuer pun mendapatkan penghargaan Golden Glove, sebagai kiper terbaik pada turnamen tersebut. 

Penghargaan Lain dan Legacy Dunia Sepakbola

Manuel Neuer terus dianggap sebagai salah satu kiper terbaik Jerman sepanjang masa. Ia juga kerap kali mendapatkan penghargaan individual. Beberapa diantaranya adalah UEFA Goalkeeper of the Year dan IFFHS World’s Best Goalkeeper. Maka dari itu, tidak heran jika fans sepakbola juga selalu kagum dengan performanya di lapangan. 

Profil Manuel Neuer dengan fisik yang tinggi dan besar membuatnya semakin terlihat mengintimidasi di lapangan. Selain itu, para rekannya juga sering memuji kemampuannya untuk tetap tenang dan berkonsentrasi meskipun sedang mengalami kekalahan. Oleh karena itu, Neuer juga pernah menjabat sebagai kapten Bayern Munich dan timnas Jerman. 

Keeper seperti Manuel Neuer akan jarang ditemukan di tahun-tahun berikutnya. Ia dianggap sebagai salah satu pemain yang menaikkan performa dan standard tim nasional Jerman. Meskipun sudah berusia 34 tahun, Neuer tetap dipercaya oleh rekan dan para fans sepakbola. Melihat staminanya yang masih kuat, rasanya masih akan lama tiba waktunya untuk melihat Neuer gantung sepatu.

 

READ  Profil Paulinho Dan Karier Gemilangnya Di El Clasico

You May Also Like

About the Author: awan kelabu